Senin, 16 Mei 2011

Chuck Berry dan motivasi


CHUCK BERRY  “ JHONNY BEGOODE” DAN MOTIVASI
Oleh
Soni Sonjaya



Penikmat musik rock n roll mempunyai kewajiban untuk mengetahui dan menikmati lagu Jhonny Begoode ciptaan Chuck Berry pada tahun 1960an, sebuah lagu yang menjadi maha karya sang legenda rock n roll. Chuck Berry memang termasuk dewa rock n roll yang karya-karyanya mengilhami musisi-musisi berikutnya. Sebut saja Rolling Stones dengan nyata-nyata mengagumi sang legenda, maka tidak heran jika ada beberapa lagu yang hampir mirip dengan karya-karyanya, seperti Oh Carrol yang menurut Keith Richard sang gitaris Rolling Stones terinspirasi dari  Chuck Berry.

Musisi kulit hitam ini memang sangat jenius dalam menciptakan sebuah karya musik, irama rock n roll yang dinamis menjadi cirri khasnya. Gitaris manapun sangat mengakui kehebatannya, Joe Perry dari Aerosmith, Kirk Hammet dari Metallica mengatakan tidak akan ada lagu-lagu rock n roll jika tidak terlahir Jhonny Begoode dari Chuck Berry. Karya dari sang legenda memang banyak, namun diantara sekian banyak lagu hasil ciptaanya Jhonny Begoode yang menjadi pelatuk dalam senjata rock n roll yang jelas-jelas menghantam jantung baik itu musisi atau hanya sekedar penikmat.

Sebuah lagu yang kita dengarkan seyogyanya menjadi sebuah motivasi dalam kehidupan, atau setidaknya memberikan sebuah spirit. Tema cinta memang menjadi salah satu andalan setiap musisi dalam menciptakan karyanya, namun jika sempit memaknai cinta, maka yang terlahir adalah lagu-lagu cinta yang penuh dengan keputus asaan, perasaan hampa dan kesedihan yang mendalam karena cinta, pada ahirnya tidak ada motivasi bagi penikmat lagu. Tanpa harus menyebutkan grup band  jaman sekarang yang sedang di gandrungi oleh anak-anak muda di Indonesia yang melahirkan karya-karyanya yang bertemakan cinta, begitu sendu, begitu terpukul oleh cinta, tidak ada kejantanan atau ketegaran dari seorang laki-laki. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, itu adalah hak setiap musisi dalam menghasilkan karyanya, dan hebatnya khalayak menyukainya, bukankah sebuah karya lagu juga harus mempunyai potensi bisnis.

Motivasi apa sebenarnya yang terkandung dalam lagu Jhonny Begoode karya Chuck Berry, mari kita ulas bersama-sama. Jhonny Begoode menceritakan seoang anak muda yang datang dari kampung bernama Luisiana yang mengembara ke daerah New Orleans sambil menenteng gitar bututnya. anak muda tersebut tidak pernah belajar dengan baik (tamat sekolah) dan tidak pandai dalam membaca atau menulis, hanya dia pandai memainkan gitar layaknya bunyi bel yang indah. Makna dari bait pertama mensiratkan bahwa kita harus mempunyai sebuah keahlian dalam mengarungi hidup, apalagi jika hendak mengembara ke negeri orang.

Bait kedua mensiratkan keragu-raguan orang terhadap anak muda kampung, namun Jhonny Begoode bisa membuktikannya bahwa dia bisa bermain gitar dengan baik sehinga orang-orang semakin senang melihat permainannya. Hal ini memberikan  motivasi bahwa pendapat atau pikiran orang yang terkadang menyepelekan seseorang harusnya dijawab oleh sebuah karya atau hasil, bukan dengan emosi.
Bait berikutnya adalah sebuah motivasi yang datangnya dari seorang ibu, Jhonny Begoode sangat menyakini doa tulus dari ibunya. Sang ibu mendoakan suatu saat Jhonny akan memimpin sebuah band yang besar, dan nama Jhonny Begoode akan selalu terpampang dimana-mana dan orang akan berbondong-bondong menyaksikan pertunjukan Jhonny Begoode. Bayangkan oleh kita, sebuah lagu rock n roll yang berirama dinamis begitu sarat akan motivasi bagi pendengarnya, mendorong orang untuk terus berkarya dan terus berusaha apapun rintangannya, peran dari seorang ibu pun tidak dilupakan oleh Chuck Berry yang bukan kebetulan seorang kulit hitam yang sangat kenyang akan perlakuan diskriminatif pemerintahan Amerika. Adakah setitik motivasi dari lagu hasil karya anak bangsa bagi pendengarnya ? anda yang bisa menjawabnya.

PENULIS ADALAH STAFF PENGAJAR DI LP3i BANDUNG


Tidak ada komentar:

Posting Komentar